Ini Dia Budidaya yang Cocok di Rumah

Saat ini banyak orang yang mulai melirik bidang agribisnis. Beberapa di antaranya terjun di dunia pertanian karena hobby, sebagian lagi karena merasa jenuh dengan keseharian mereka. Memang, ada kenyamanan tersendiri ketika kita tengah disibukkan dengan hal yang kita sukai. Karena apa yang kita kerjakan tersebut adalah suatu kesukaan atau hobby, maka rasa lelah pun tidaklah berarti.

Baik itu tanaman pangan maupun tanaman hias, keduanya dapat anda budidayakan tanpa memerlukan lahan yang luas. Namun, bagi anda yang tinggal di perkotaan dan tidak memiliki lahan yang luas memang masih menjadi alasan sebagian orang untuk menundanya. Bagi anda yang masih bingung terhadap kendala tempat, tidak perlu berkecil hati.

Tips Budidaya yang Cocok Di Rumah Yang Bisa Menjadi Referensi Anda

  1. Sayuran hidroponik

Hidroponik merupakan media tanam menggunakan air yang dialirkan pada pipa-pipa. Terdapat beberapa lubang yang nantinya menjadi media tanam. Bibit tanaman disenai terlebih dahulu pada spons basah, setelah bibit telah siap tanam, maka selanjutnya dipindahkan pada pipa-pipa berisi air dan pupuk cair khusus tanaman hidroponik.

Biasanya, sayuran-sayuran seperti bayam, selada, sawi menjadi tanaman yang sering dibudidayakan dengan hidroponik ini. Keuntungan menanam dengan konsep hidroponik ini selain bebas dari hama ulat, sayuran pun lebih renyah dan segar.

Mengapa menggunakan hidroponik? Karena sifatnya yang fleksibel atau mudah di bongkar pasang, akan mempermudah anda untuk memindahkan-mindahkan rangka tempat tanam hidroponik ke tempat yang anda kehendaki. Anda tidak lagi memerlukan lahan luas intuk memulai budidaya sayur.

  1. Budidaya Tanaman Hias

Budidaya tanaman hias juga dapat dilalakukan dirumah. Tidak pula memerlukan lahan ekstra besar. Cukup sediakan pot-pot kecil, tanah dan pupuk. kemudian mulailah membudidayakan tanaman-tanaman hias favorit anda.

Bisa berupa tanaman hias tanpa bunga maupun bunga-bunga seperti mawar ataupun anggrek yang dapat mempercantik rumah anda. Selain itu usaha tanaman hias juga tak ada salahnya.

  1. Budidaya Jamur

Budidaya jamur tiram ataupun jamur kuping dapat dilakukan di rumah anda. Tentunya yang perlu anda siapkan adalah area yang lembab dan tertutup. Pastikan pula anda telaten menyemprotkan air agar jamur tidak mengering. Namun jangan sampai terlalu banyak menyemprotkan air karena akan meyebabkan log jamur cepat busuk.

  1. Budidaya Aloevera

Tahun 2018 ini tengah viral dengan manfaat aloevera yang luar biasa. Mulai dari melembabkan kulit, mencerahkan kulit bahkan meremajakan kulit. Maka dari itu, kita dapat memanfaatkan peluang ini untuk membudidayakan tanaman lidah buaya atau aloevera. Anda dapat menggunakan polybag sebagai pengganti pot yang lebih ekonomis.

Nantinya anda dapat menjualnya mentah maupun dalam produk olahan kosmetik maupun makanan. Adapun olahan aloevera dalam bentuk kosmetik seperti gel aloevera, sabun aloevera, shampo aloevera bahkan lotion aloevera.

Sedangkan dalam olahan produk makanan, aloevera atau lidah buaya dapat berupa permen jelly aloevera, nata de coco aloevera, ataupun coklat aloevera.

  1. Budidaya tanaman herbal

Yang terakhir ini merupakan budi daya tanaman herbal seperti jahe, kunyit, kencur, kemangi, pandan dan sebagainya. Ketersediaan tanaman herbal di rumah sangat berguna untuk leperluan sehari-hari. Misalkan anda ataupun istri anda perlu untuk bumbu masakan, maka tidak perlu jauh-jauh membeli.

Selain itu ketika gejala flu, anda dapat membuat minuman herbal yang anda dapat dari kebun pribadim Ekonomis, bermanfaat, dan efisien, bukan? Selamat mencoba!

Baca juga artikel berikut: Cara menanam selada hidroponik

Add a Comment