Cara Merawat Tanaman Hias Geranium Agar Tumbuh Cantik dan Sehat

Pasti anda sudah sering mendengar nama bunga geranium pada iklan obat nyamuk. Geranium merupakan salah satu dari 300 buah spesies yang termasuk dalam family / keluarga Geraniaceae. Tanaman yang berasal dari Afrika Selatan ini, memiliki warna bunga yang bermacam – macam, di antaranya adalah putih, merah muda, merah, ungu, dan ungu muda.

Tanaman yang seringkali disebut sebagai Tapak Dara ini, selain cantik namun juga memiliki aroma yang sangat khas. Aroma dari bunga geranium inilah yang berfungsi sangat ampuh untuk mengusir nyamuk di rumah anda. Selain dapat mengusir nyamuk, ternyata geranium juga dipercaya berfungsi menjadi obat alternatif untuk penyakit kanker. Sehingga tidak sedikit orang yang menanamnya baik di halaman rumah maupun di pot.

Tanaman hias geranium merupakan jenis tanaman yang sangat mudah tumbuh di Indonesia karena iklim tropis yang cocok untuk pertumbuhannya. Namun, walaupun mudah tumbuh, anda juga harus tau bagaimana cara merawat tanaman hias ini agar tumbuh cantik dan sehat di pekarangan rumah anda. Berikut ini adalah beberapa cara – cara yang harus anda ketahui dan perhatikan.

[1] Tempat Menanam

Walaupun bunga geranium mudah untuk tumbuh, namun tempat penanamannya juga harus diperhatikan. Pilihlah tempat yang akan disinari matahari kurang lebih 5 hingga 6 jam sehari. Selain itu, tanah juga harus memiliki drainase yang baik sehingga geranium dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal. Namun anda harus memastikan bahwa akar tanaman tidak terlalu basah sehingga tidak mudah terkena penyakit.

[2] Bila Menanam di Pot, Pilihlah Pot yang Tepat

Pemilihan pot yang tepat, sangatlah berpengaruh pada tumbuh kembang tanaman anda. Pilihlah pot yang sesuai dengan ukuran geranium anda. Apabila tanamannya kecil, maka pilihlah pot yang berukuran enam hingga delapan inci. Namun bila tanamannya relative besar, pilihlah pot yang berukuran lebih dari sepuluh inci.

Selain ukuran pot, pastikan pot yang anda pilih memiliki lubang – lubang pada bagian bawahnya agar air dapat meresap dengan baik. Hal ini sangat penting karena tanaman geranium ini tidak dapat tumbuh optimal bila akarnya terlalu basah karena tergenang oleh air yang banyak. Selain itu, bibitnya pun dapat mati karena air yang berlebihan.

Penempatan pot bunga geranium juga dapat anda tempatkan dengan cara digantung. Bunga geranium ini memiliki tipe pertumbuhan yang menjuntai ke bawah. Sehingga akan sangat cantik bila dijadikan sebagai tanaman hias gantung.

[3] Perawatan

Perawatan bunga geranium dapat dibilang sangat simpel dan mudah. Anda hanya perlu menyirami bunga tersebut setiap sore hari dengan air yang cukup. Namun pastikan air yang disiram ke bunga geraniu tidak terlalu banyak sehingga air tidak menggenang dan membuat bibit bunga menjadi busuk. Apabila ada biji yang sudah kering, anda dapat menyemainya ke tempat lain agar bunga anda semakin banyak.

[4] Pemupukan

Pemupukan pada bunga geranium dianjurkan menggunakan pupuk kendang yang alami. Mengapa pupuk kendang? Sebenarnya pupuk jenis lainnya dapat pula digunakan. Namun pupuk kendang memiliki banyak kelebihan untuk bunga geranium itu sendiri.

Pupuk kendang mudah didapat, selain itu mengurangi limbah sisa kotoran sehingga tidak mencemari lingkungan, namun sangat bermanfaat bagi tumbuhan. Pupuk kendang pun memiliki unsur hara mikro dan makro yang lengkap sehingga dapat memenuhi jumlah kebutuhan hara pada tanah. Hal tersebut diharapkan dapat membuat bunga geranium tumbuh lebih subur dan sehat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *