Cara Menanam Selada Hidroponik

Menanam dengan cara hidroponik belakangan ini cukup banyak diminati karena dapat menjadi solusi untuk ketersediaan lahan yang terbatas di rumah hunian masa kini. Selada merupakan salah satu tanaman yang dapat ditanam dengan cara hidroponik. Selada biasa digunakan sebagai penghias makanan atau untuk lalapan . Jika Anda bisa menanam selada sendiri di rumah, tentu Anda dapat memperoleh selada yang selalu segar dan lebih sehat.

Cara Menanam Selada Hidroponik Dengan Mudah

Alat dan Bahan yang Perlu Disiapkan

Bahan yang wajib disiapkan adalah botol air mineral berukuran besar, pupuk, air, tanah, gunting, kain flannel, paku, dan bibit selada yang akan ditanam. Semua alat dan bahan ini tentunya dapat Anda peroleh dengan mudah atau bahkan sudah tersedia di rumah. Untuk menghemat biaya, Anda dapat memanfaatkan bahan bekas seperti botol air mineral.

Membuat Media Tanam Selada Hidroponik

Ambil botol air mineral bekas, cuci bersih, kemudian potong jadi 2 bagian. Lubangi bagian atas botol dengan paku atau solder. Beri jarak antar setiap lubang. Kemudian tumpuk dua bagian botol tadi dengan bagian tutup botol menghadap ke bawah pada bagian botol lainnya. Nanti bentuknya akan menyerupai corong yang masuk ke dalam gelas.

Namun sebelum ditumpuk, botol bagian bawah yang berbentuk seperti gelas tadi diisi dengan air sampai setengahnya saja, Air tersebut akan menjadi nutrisi untuk selada yang akan ditanam. Sementara itu di bagian lain, beri lubang pada tutup botol di bagian atas atas. Di lubang yang telah dibuat dengan solder, masukkan kain flannel. Kain yang dipotong memanjang ini akan menyerap nutrisi dari air yang ada di botol bagian bawah.

Memberikan Campuran Pupuk dan Tanah

Sekarang Anda sudah memiliki media tanam berupa botol yang sudah dibentuk seperti corong yang dimasukkan ke dalam gelas tadi dengan air di bagian bawah. Langkah berikutnya, siapkan pupuk dan tanah. Untuk takarannya, pastikan pupuk tersebut memiliki perbandingan yang sesuai dengan jumlah tanah yang digunakan.

Jika campuran pupuk dan tanah sudah selesai dan siap digunakan, Anda hanya perlu menempatkannya di atas botol air mineral tadi. Setelah itu, tanamlah bibit selada yang telah disiapkan sebelumnya. Cukup tanam satu bibit untik satu botol agar nantinya selada dapat tumbuh dengan baik dan menghasilkan banyak daun.

Hal penting yang perlu diperhatikan pada saat menanam selada dengan cara hidroponik adalah pupuk yang digunakan. Pupuk memang merupakan salah satu nutrisi yang diperlukan oleh selada. Tetapi perlu diingat bahwa pemberian pupuk tanaman yang terlalu banyak dan takaran yang tidak sesuai perbandingan justru dapat mengganggu pertumbuhan selada yang Anda tanam. Untuk itu, selalu perhatikan jumlah dan jenis pupuk yang akan digunakan.

Perawatan Selada Hidroponik

Selain memperhatikan penggunaan pupuk, perhatikan pula kesehatan tanaman selada Anda. Pastikan untuk menempatkan media tanam hidroponik yang mendapatkan sinar matahari langsung agar selada dapat melakukan fotosintesis dan tumbuh secara maksimal. Anda juga dapat menyiraminya secara rutin setiap hari yakni pagi dan sore

Dari beberapa penjelasan tentang cara menanam selada hidroponik di atas, tentu Anda dapat mengetahui bahwa cara menanamnya sangat mudah dilakukan. Apalagi alat dan bahan yang digunakan juga mudah diperoleh sehingga Anda tidak akan kesulitan untuk mendapatkannya dan mempraktekkan cara yang dijelaskan di atas

Demikian ulasan tentang cara menanam selada hidroponik dan beberapa hal penting yang perlu diperhatikan untuk menanam sayuran dengan teknik tersebut. Dengan hidroponik, inik dapat menjadi solusi yang mudah dan murah bagi Anda yang hobi menanam sayur tetapi terkendala oleh keterbatasan lahan untuk berkebun. Semoga ulasan di atas dapat membantu Anda menanam selada dengan subur.

Add a Comment