Bisnis Agribisnis yang Menguntungkan

Pada zaman yang semakin maju dan teknologi yang semakin berkembang, peluang bisnis di segala bidang kehidupan semakin bervariasi. Nampaknya, bisnis makanan menjadi bisnis yang paling digemari ditunjukkan dengan gencarnya para selebriti ibukota memulai berbisnis bidang kuliner. Bidang kuliner dinilai paling menjanjikan karena makan adalah salah satu kebutuhan pokok yang dibutuhkan manusia.

Bahkan, beberapa kalangan menilai para selebriti terkenal latah atau ikut-ikutan dengan apa yang dilakukan rekan sesama dunia entertaimentnya. Padahal sesungguhnya masih banyak peluang bisnis di bidang lain yang menguntungkan, salah satunya yaitu bisnis bidang agribisnis. Agribisnis adalah suatu bisnis yang berkutat di dunia pertanian atau biasa disebut perkebunan, ladang dan lain sebagainya.

Tak banyak kalangan yang tahu bahwa agribisnis memberikan keuntungan yang cukup besar karena bisnis ini dinilai tidak mengikuti perkembangan teknologi. Sehingga, bisnis pertanian atau agribisnis mulai ditinggalkan penggelutnya karena alasan tertentu yang berkaitan dengan majunya teknologi dunia. Oleh karena itu, mereka kini mulai berpindah haluan ke arah bisnis yang lebih modern dan mendunia.

Untuk itu, simaklah pembahasan mengenai bisnis agribisnis yang menguntungkan di bawah ini:

  1. Bertani tanaman obat

Kini tanaman tradisional yang dapat dijadikan obat mulai diabaikan karena dinilai ketinggalan zaman dan tentunya  cara pakai yang merepotkan. Padahal zat-zat alami yang terkandung pada tanaman obat jauh lebih aman dibanding dengan bahan kimia yang terkandung pada obat biasa. Obat modern dirasa lebih cepat menyembuhkan penyakit ketimbang tanaman obat tradisional.

 

Mereka mungkin belum sadar seberapa besar bahaya dan efek penggunaan bahan kimia secara berlebih terhadap tubuh. Namun, kekuatan yang ada di media akan membantu Anda dalam memajukan bisnis bertani tanaman obat ini. Di internet, sangat mudah ditemukan berita tentang tingginya kematian akibat penyakit berbahaya yang disebabkan gaya hidup kurang sehat.

 

Anda dapat memasarkan hasil panen tanaman obat yang ditanam ke para pembuat obat-obatan herbal atau ke pasar tradisional. Bila Anda memiliki lahan yang luas, intensitas panen akan semakin tinggi sehingga penjualan pun akan semakin meningkat. Selain menghasilkan rupiah, tanaman yang Anda tanam dapat dipergunakan secara pribadi untuk pengobatan orang terdekat.

 

  1. Bertani tanaman hias

Populasi wanita yang semakin membludak dapat menjadi salah satu alasan Anda menjalankan bisnis terkait tanaman hias. Anda dapat membuka sebuah toko yang menjual aneka jenis tanaman hias mulai dari harga rendah hingga jutaan rupiah. Mendekati hari raya besar seperti hari lebaran, pemercantik rumah semakin diburu salah satunya yaitu  tanaman hias.

 

  1. Bertani jamur

Jamur adalah salah satu jenis makanan yang digemari para vegetarian karena rasanya yang unik dan hasil olahan yang beragam. Selain itu, keuntungan bertani jamur yaitu Anda dapat mengolah jamur hasil panen ke berbagai jenis makanan salah satunya nugget jamur. Anda dapat memasok jamur hasil panen ke restoran atau rumah makan yang membutuhkan.

 

  1. Bertani sayur dan buah

Bisnis bertani sayur dan buah tak hanya menghasilkan keuntungan saja, namun juga tidak butuh lahan yang besar. Anda dapat menggunakan sistem hidroponik sehingga tanaman sayur dan buah dapat ditanam di halaman depan rumah. Setelah musim panen tiba, Anda dianjurkan menjualnya ke tetangga sekitar rumah agar mendapat laba yang lebih besar.

 

  1. Menjual bibit

Negara kita dikenal dengan negara agraris sehingga sebagian besar warganya hidup bergantung pada sektor pertanian sehingga bisnis ini sangat menjanjikan. Anda dapat menjual aneka ragam bibit tanaman yang berkualitas secara offline maupun online atau bahkan menjual secara keduanya. Maka dari itu, Anda dapat menjadi pebisnis bidang pertanian dengan sistem modern.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *